Materi Tambahan - Pelajaran Pertama
Addarsul
Awwal:
B
|
eberapa pelajaran dasar sebagai rumus atau kunci
dalam pembelajaran berbahasa dan bahasa Arab yang harus dikuasai dengan baik
dimana penguasaannya akan mempermudah dalam belajar maupun berbicara, dan
pelajaran ini merupakan inti dasar dari penguasaan bahasa Arab yang akan
membantu mengurangi dan mengjhilangkan kendala-kendala di dalam mempelajarinya.
- BENTUK-BENTUK ABJAD ARAB
Abjad Arab terdiri dari 28/30 huruf
yang mempunyai beberapa bentuk sesuai letak atau posisi huruf di dalam suatu kata,
baik ia berdiri sendiri pada awal kata, di tengah dan di akhir sebuah kata. Hal
ini dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
قَائِمَة
ُالأبْجَدِ يَةِ الْعَرَبِيَةِ بِجَمِيْعِ أَشْكَالِهَا
شَكْلُ
الْحَرْف
Bentuk Huruf
|
إسْمُ
الْحُرُوْفِ
Nama Huruf
|
الرَّقْمُ
No
|
||||
مُنْفَرِدًا
فِيْ نِهَايَةِ الْكَلِمَة
Pada akhir kata
|
مُتَّصِلا
فِيْ نِهَايَةِ الْكَلِمَة
Bersambung di
akhir kata
|
مُتَّصِلا
مِنَ الْجَانِبَيْن
Di tengah
|
مُتَّصِلاً
فِي أوَّلِ الكَلِمَة
Bersambung di
awal kata
|
مُنْفَرِدً
ا
Berdiri
sendiri
|
||
ا
|
ﺎ
|
-
|
-
|
ا
|
اَلألِف
|
١
|
ب
|
ب
|
ﺑ
|
ﺒ
|
ب
|
اَلْبَاءُ
|
٢
|
ت
|
ﺖ
|
ﺗ
|
ﺗ
|
ت
|
اَلتَّاء
|
٣
|
ث
|
ﺚ
|
ﺜ
|
ﺜ
|
ث
|
اَلثَّاء
|
٤
|
ج
|
ﺞ
|
ﺟ
|
ﺟ
|
ج
|
اَلْجِيْم
|
٥
|
ح
|
ﺢ
|
ﺤ
|
ﺤ
|
ح
|
اَلْحَاء
|
٦
|
خ
|
ﺦ
|
ﺨ
|
ﺨ
|
خ
|
اَلْخَاء
|
٧
|
د
|
ﺪ
|
-
|
-
|
د
|
الدَّ
ال
|
٨
|
ذ
|
ﺫ
|
-
|
-
|
ذ
|
الذ
َال
|
٩
|
ر
|
ر
|
-
|
-
|
ر
|
الرَّاء
|
١٠
|
ز
|
ﺯ
|
-
|
-
|
ز
|
الزَّاي
|
١١
|
س
|
ﺱ
|
ﺴ
|
ﺴ
|
س
|
السِّيْن
|
١٢
|
ش
|
ﺶ
|
ﺷ
|
ﺸ
|
ش
|
الشِّيْن
|
١٣
|
ص
|
ﺺ
|
ﺻ
|
ﺼ
|
ص
|
الصَّاد
|
١٤
|
ض
|
ﺾ
|
ﺿ
|
ﺿ
|
ض
|
الضَّاد
|
١٥
|
ط
|
ﻁ
|
ﻁ
|
ﻁ
|
ط
|
الطَّاء
|
١٦
|
ظ
|
ﻇ
|
ﻆ
|
ﻇ
|
ظ
|
الظَّاء
|
١٧
|
ع
|
ﻊ
|
ﻌ
|
ﻋ
|
ع
|
الْعَيْن
|
١٨
|
غ
|
ﻎ
|
ﻐ
|
ﻏ
|
غ
|
الْغَيْن
|
١٩
|
ف
|
ﻑ
|
ﻔ
|
ﻓ
|
ف
|
الْفَاء
|
٢٠
|
ق
|
ﻖ
|
ﻘ
|
ﻗ
|
ق
|
الْقَاف
|
٢١
|
ك
|
ﻚ
|
ﮑ
|
ﻛ
|
ك
|
الْكَاف
|
٢٢
|
ل
|
ﻝ
|
ﻟ
|
ﻟ
|
ل
|
اللاَّ
م
|
٢٣
|
م
|
ﻢ
|
ﻤ
|
ﻣ
|
م
|
الْمِيْم
|
٢٤
|
ن
|
ﻦ
|
ﻨ
|
ﻧ
|
ن
|
النُّوْن
|
٢٥
|
ﻩ
|
ﻪ
|
ﻬ
|
ﻫ
|
ﻫ
|
الْهَاء
|
٢٦
|
و
|
ﻭ
|
ﻭ
|
ﻭ
|
و
|
الْوَاو
|
٢٧
|
ي
|
ﻲ
|
ﻴ
|
ﻳ
|
ي
|
الْيَاء
|
٢٨
|
أ
/ ء / ئ
|
ﺊ
/ ﺅ / ﺄ
|
ﺋ
|
-
|
ء
|
الْهَمْزَة
|
٢٩
|
Kolom huruf yang bertanda (–)
menunjukkan bahwa huruf ini tidak dapat ditulis bersambungan dengan huruf
sesudahnya.
Jika suatu kata terdiri dari huruf
ganda (dobel) maka penulisannya dengan menghilangkan satu huruf yang sama dan
diganti dengan tanda Tasydiid ( ّ ). Setelah memperhatikan contoh-contoh
penulisan kata di atas, perbanyaklah berlatih dan cobalah untuk menuliskan
kata-kata di bawah ini :
مِثَال : ك
ت ا ب كِتاب
ك ر ر ا س
ة كُرَّاسَة
١. ك أ
س
..............................
٢. م ن د ي
ل
..............................
٣. ش ب ب ا
ك .............................
٤. م ك ي ي
ف .............................
٥. ف و ط
ة
.............................
٦. ا ل م ح
ف ظ ة
.............................
- MENGEJA DAN MEMBACA
Untuk lebih memudahkan mengeja dan
membaca tulisan Arab, sebaiknya dihafalkan dan dikuasai terlebih dahulu
persamaan bunyi antara abjad Arab dan latin beserta tanda baca. Namun dalam
pelajaran ini sebaiknya dibimbing oleh seorang guru agar lebih tepat dan betul
dalam pengucapan abjad tersebut. Persamaan bunyi dan tanda baca dapat dilihat
pada table di bawah ini:
PERSAMAAN HURUF
ARAB DAN LATIN
DAFTAR TANDA
BACA
Harakah Biasa (pendek)
|
Harakah Panjang (Madd)
|
Siddah (Tasydiid)
Penekanan pada huruf
|
(ـَ ) Fatha = a
|
(ﺎ ) = aa
|
( ـ ّ ) = dobel harakah
Contoh :
سِرٌّ dibaca سِرْرٌ
|
(ـِ ) Kasrah = i
|
(ي / ﻳ ) = ii
|
|
(ـُ ) Dhammah = u
|
(و ) = uu
|
|
(ـْ ) Sukuun = ` / k
|
( ـٰ ) = Panjangnya 2 ketukan
|
Untuk
mempermudah mengeja dan membaca, maka bentuk-bentuk huruf Arab yang ada
disamakan dengan huuruf latin sebagaimana tertera pada tabel di atas, dengan
menambahkan bunyi vokal (fatha=a, Kasrah=i dan Dhammah=u) pada huruf tersebut. Contoh : Huruf Ba berharakat Fatha, Kasrah dan Dhammah ( بَ ), ( بِ ) dan ( بُ ). Huruf Baa
disamakan dengan Huruf B, maka pengejaannya dengan menambahkan bunyi vokal a, u atau i. Contoh; B+a=Ba, B+i=Bi dan B+u=Bu. Contoh lain; Huruf Nun ( نَ ), ( نِ ) dan ( نُ ). Huruf Nun disamakan degan huruf N dalam bahasa
Indonesia, maka pengejaannya menjadi N+a=Na, N+i=Ni dan N+u=Nu. Kecuali pada huruf Alif,
(A+u=Tidak dibaca Au melainkan hanya
dibaca U). Jika hurufnya berharakah (berbaris) Sukun (ـْ) maka bunyi huruf tesrebut diberhentikan (dimatikan
bunyinya) sambil menahan bunyi sesuai hurufnya. Contoh; kata مَنْ , pada huruf Mim berharakah Fatha dan
huruf Nun berharakah Sukun, maka pengejaannya adalah: Mim disamakan dengan M dan Nun disamakan dengan N, maka
pengejaannya M+a=Ma dan N+Sukun=N menjadi Man.
Jika hurufnya
berharakah Siddah atau Tasydiid ( ـّ ) menunjukkan atas dua huruf ganda,
maka bunyi yang ada pada huruf pertama dimatikan atau disukunkan dan huruf yang
kedua dibunyikan sesuai dengan harakatnya. Contoh: Kata سِرٌّ
asal katanya adalah سِرْرُ , cara bacanya yaitu Sin
disamakan dengan S+i=Si, huruf Ra
disamakan dengan R+Sukun=R, dan R+u=Ru menjadi Sirru.
اَلْحَرَكاتُ
الْقَصِيْرَة ُوَالسُّكُوْن :
Harakah Pendek
dan Sukun :
( ـَ )
الْفَتْحَة ُ : بَيْت هٰذ َا بَيْتٌ
( ـِ )
الْكَسْرَة ُ : بِنْتٌ هٰذِ هِ بِنْتٌ
( ـُ )
الضَمَّة ُ : مُشْطٌ هٰذ َا مُشْطٌ
( ـْ )
السُّكُوْن : شَمْسٌ هٰذِ هِ شَمْسٌ
الْحَرَكَاتُ
الطَّوِيْلَة ُ ( اَلْمَدُّ ) :
Harakah Panjang
(Madd) :
(
ﺎ ) اَلِفُ الْمَدّ : كِتَابٌ ذٰ لِكَ كِتَابٌ
(
ي / ﻳ ) يَاءُ الْمَدّ : سَرِيْرٌ ذٰ لِكَ سَرِيْرٌ
(
و ) وَاوُ الْمَدّ : فُوْطَة ٌ تِلْكَ فُوْطَة ٌ
الشِّدَّ
ة ُ ( ّ ) :
Siddah (Tasydiid) :
(
بّ = بْ بَ ) : سَبُّوْرَة ٌ
هٰذِ هِ سَبّوْرَة ٌ
(
رَّ = رْ رَ ) : كُرَّاسَة ٌ
تِلْكَ كُرَّاسَة ٌ
(
مُّ = مْ مُ ) : يَسُمُّ
(
لَّ = لْ لَ ) : سُلَّمٌ
قِرَاءَ ة
ُ حُرُوْفِ الْقَمَرِيَّة ( ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ﻫ ي ) :
Cara baca huruf
Qamariah (huruf yang terletak setelah
AL-alif lam) dibaca dengan jelas
bunyi huruf AL-nya :
اَلْ :
اَلأَحَدُ ٬ اَلْجُنْدُ ٬ اَلْعَيْنُ ٬ اَلْغَائِب ٬ اَلْمَاءُ ٬ اَلْكَتِفُ ٬
اَلْوَجْهُ
Al-ahadu, Al-jundu, Al-`ainu, Al-maa`, Al-Katifu,
Al-wajhu
قِرَاءَ ة
ُ حُرُوْف الشَّمسِيَّة ُ ( ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن ) :
Cara baca huruf Syamsiyah
(tidak dibaca bunyi Lam-nya)
اَل + ـّ :
اَلتَّوْبَة ُ٬ الثُّعْبَانُ ٬ اَلدَّ لْوُ ٬ اَلرَّجُلُ ٬ اَلسَّيَّارَة ُ ٬
اَلصُّنْدُ وْقُ
At-taubah, At-tsu`baan, Ad-dalwu, Ar-rajulu, As-sayyaarah, As-shunduuq
تَدْ
رِيْب :
Latihan :
إقْرَأ
الكَلِمَاتِ الآتِيَة :
Bacalah
kata-kata di bawah ini :
اَلْمِحْفَظَة ُ اَلْقَمَرُ اَلشَّمْسُ اَلْبَدْ رُ اَلْهِلاَ لُ النَّجْمُ
الكَوْكَبُ السُّوْرُ
- KATA
BENDA (ISIM)
Kata “Isim” berarti nama, maka segala sesuatu yang dapat dinamakan atau
dinamai disebut Isim, Contoh; Sesuatu
yang digunakan untuk menulis dinamakan pulpen, seorang yang belajar dinamakan
pelajar, seorang yang banyak bersantai dinamakan pemalas, sesuatu yang diminati
dinamakan hobi atau selera. Kesemuanya menunjukkan atas penamaan dan itulah
yang disebut dalam bahasa Arab dengan Isim.
Termasuk di dalamnya kata benda, nama orang, kata sifat, profesi dan kata
penunjuk. Untuk mempermudah penyebutannya maka Isim diidentikkan dengan Kata Benda di dalam Bahasa Indonesia. (Lih. Lampiran kata benda).
Isim terbagi menjadi Mudzakkar (laki-laki) dan Muannats (perempuan). Tanda umum isim
sebagai Muannats adalah ber-Ta Marbuthah ( ة
) pada akhir
kata. Contoh
: سَيَّارَةٌ
. Jika isim
itu kosong/tanpa ber-Ta Marbuuthah
pada akhir kata, maka ia termasuk Mudzakkar.
Isim, terangkai dengan huruf Alif dan Lam (اَلْ) pada awal kata, guna menunjukkan atas sesuatu yang
sudah diketahui ataupun telah jelas keberadaanya. Contoh; kata Buku (كِتَابٌ).
Pada kata
ini tidak terangkai dengan huruf Alif
dan Lam di awal kata, menunjukkan
atas buku yang belum jelas keberadaannya dan masih menimbulkan tanda tanya,
buku yang mana?. Namun jika kata ini ditambahkan Alif dan Lam menjadi Al-kitaab (اَلْكِتَابُ),
maka kata
buku ini berarti suatu buku yang telah jelas keberadaannya dan dapat diartikan
dengan “buku ini”, atau “buku itu”.